Pexels/Plann |
Selama 1 dekade terakhir, kita bisa melihat dan merasakan bagaimana sosial media berkembang sangat masif begitu juga dengan pertumbungan penggunanya.
Seiring pertumbuhan user sebagai penikmat atau konsumtif, tumbuh pula para content creator dan influencer dengan berbagai topik mulai dari teknologi sampai topik memasak dengan jutaan followers (bahkan lebih), khususnya influencer indonesia.
Kali ini, Watsapyo akan membahas tentang influencer dan juga perannya dalam influencer marketing. Yuk simak!
Apa Itu Influencer?
Siapa sih influencer itu?
Menurut influencermarketinghub, Influencer adalah mereka yang dapat mempengaruhi keputusan orang lain.
Influencer memiliki wawasan dan pengetahuan tertentu yang dishare kepada para followersnya.
Tapi perlu dicatat bahwa influencer bukanlah tools, melainkan hubungan sosial dimana perusahaan dapat berkolaborasi dengannya untuk mencapai satu tujuan.
Perbedaan Influencer Dengan KOL?
Sering dengar istilah KOL atau Key Opinian Leader?
Secara garis besar KOL memiliki power dan tugas sama seperti influencers. KOL juga memiliki jumlah followers yang besar dan dapat menginfluence keputusan followersnya untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu.
Lalu apa perbedaan antara Influencer dengan KOL? KOL memiliki pekerjaan profesional di dunia nyata seperti MC, Jurnalis, Aktor, Gamers, lifestyle influencer dan lainnya.
So, sekarang Kamu sudah bisa bedakan antara KOL dan Influencer (biasa).
Peran Influencer Marketing
Sebagai seorang yang menjalankan perusahaan terutama bidang marketing, Kamu harus tahu bahwa influencer memiliki peran atau kategori yang berbeda.
Peran yang akan dijelaskan bukan hanya tentang jumlah followers, tetapi juga perannya dalam influencer marketing.
1. Peran Influencer Pertama: Awareness
Tidak akan berdampak langsung terhadap penjualan, tetapi peran influencer "Awareness" ini juga sangat penting untuk "memasarkan" dan mengenalkan perusahaan kepada followersnya dan atau audience dalam niche yang sama.
Orang-orang dengan followers jutaan atau biasa disebut Mega Influencers biasanya menjadi pilihan utama untuk menjalankan peran ini karena mereka "highly visible" di sosial media.
Biasanya mereka adalah seseorang yang memiliki pekerjaan profesional di dunia nyata seperti MC, Jurnalis, Aktor, Gamers, lifestyle influencer dan lainnya yang juga sering disebut KOL.
2. Peran Influencer Kedua: Driving Consideration
Lanjut ke tahap setelah awareness, peran selanjutnya adalah driving consideration.
Gunakan influencer dengan followers lebih dari 10.000 dengan ER (Engagement Rate) di atas 3%.
Sebagai catatan, jangan terpukau oleh engagement rate yang bagus. Ada yang harus kamu perhatikan sebelum memilih influencer.
Apakah influencer yang Kamu pilih adalah representative dari brandmu? Apakah konten-konten yang mereka buat relate dengan brandmu? Jika tidak, akan lebih baik jika kamu mencari influencer lain.
Biasanya micro influencer digunakan pada tahap ini karena memiliki hubungan yang lebih dekat dengan followersnya dan lebih fokus pada topik yang biasanya dia bahas di sosial media mereka.
3. Peran Influencer Ketiga: Purchase Intention
Peran yang juga sangat penting dalam influencer marketing, bagaimana influencer tahap ini bisa menarik perhatian followersnya untuk membeli produk atau menggunakan suatu jasa.
Nano influencer. Ya! Nano influencer cocok untuk peran ini. Mungkin kamu bertanya kenapa influencer dengan jumlah followers sedikit cocok untuk peran ini?
Nano influencer memang memiliki jangkauan yang lebih sedikit atau sempit tapi konten yang dibuat otentik dan kadang terlihat bahwa apa yang mereka post adalah asli tanpa ada unsur promosi atau endorsement.
Catatan juga untuk Kamu pertimbangkan, nano influencer jauh lebih hemat. So, untuk brand yang memiliki resources terbatas bisa memulai influencer marketing dengan menggunakan nano influencer.
Bahkan banyak juga nano influencer yang tidak mengenakan biaya dan cukup barter produk.
Nah! Itu dia pemaparan tentang pengertian influencer dan juga peran-peran influencer marketing yang harus Kamu tahu.
Yuk mulai persiapkan strategi influencer marketingmu sekarang!
Posting Komentar