Photo by Eva Bronzini/ Pexels |
Brand Position
Apakah bisnis kamu memiliki sesuatu yang BEDA dibanding kompetitor?
Saat membuat strategi branding dan akan menentukan brand position, ada 2 faktor yang wajib kamu ketahui yaitu Point of Difference (POD) dan Point of parity (POP).
Point of Difference dan Point of Parity menentukan bagaimana audience akan melihat anda sebagai sebuah bisnis atau brand.
Yuk kita bedah sedikit tentang kedua hal tersebut.
Point of Difference (POD)
Apa yang dimaksud POD? Singkatnya Point of Difference adalah hal-hal atau atribu-atribut yang menjadi pembeda antara bisnis kamu dengan bisnis lainnya atau kompetitor.
Istilah ini mirip dengan USP (Unique Selling Point)
POD atau Point of Difference ini adalah sesuatu yang unik dari bisnis kamu dan menjadi keuntungan untuk bisnis kamu di tengah kompetisi.
Ketika kamu membuat strategi marketing, campaign ataupun lainnya, Point of Difference akan menjadi hal penting yang kamu perlu highlight.
Contoh Point of Difference
Setiap Point of Difference bisa diambil dari setiap hal yang berkaitan dengan bisnis kamu. Setiap bisnis bisa memiliki lebih dari 1 Point of Difference baik itu dari sisi brand maupun produk. Berikut contoh Point of Difference:
1. Domino's Pizza memberikan jaminan pesanan diterima dalam 30 menit.
2. Apple mengedepankan desain dan sistem operasinya sendiri (IOS).
3. Burger King menawarkan lebih banyak varian Burger.
Point of Parity (POP)
Apa yang dimaksud POP? Jika POD berbicara tentang keunikan atau hal yang membedakan bisnis kamu dengan yang lain, maka Point of Parity adalah hal-hal atau atribut yang dimiliki bisnis kamu dan juga dimiliki bisnis lainnya atau kompetitor
Dibalik keunikan sebuah bisnis, pasti memiliki hal atau atribut yang juga dimiliki oleh bisnis lainnya. Maka itulah yang dinamakan Point of Parity atau POD.
Contoh Point of Parity
Untuk contoh Point of Parity akan lebih banyak dan beragam lagi karena ini merupakan hal umum pada masing-masing bisnis.
1. McDonald's dan Burger King sama-sama menyediakan variasi produk seperti burger, pizza, minuman ringan, dan kopi.
2. H&M dan Zara, kedunya menyediakan berbagai pilihan pakaian seperti kemeja, celana, jaket, dan lainnya.
Sekarang kamu sudah tahu 2 faktor dalam brand position. Sekarang coba jabarkan sendiri apa POD dan POF dari bisnis anda sendiri :)
Posting Komentar