Sebagian orang pasti mengatakan "Gak kerasa udah 2023 lagi" sebagai ungkapan betapa cepatnya waktu berlalu.
Memasuki bulan pertama di 2023, bagiamana planmu di bulan ini?
Sudah berapa % progres berjalan untuk mencapai target? Jangan sampai mengulang kesalahan di bulan pertama tahun lalu.
Tahun berganti dengan cepat, begitu juga dengan trend-trend yang terjadi termasuk pada perubahan trend marketing yang berganti dengan cepat.
Perubahan-perubahan trend marketing sangat berpengaruh dan menjadi tantangan bagi brand untuk tetap uptodate agar tidak tertinggal.
Berubahnya trend marketing juga berpengaruh pada perilaku konsumen.
Karena setiap trend mempunyai karakter masing-masing sehingga benar-benar menjadi tantangan bagi brand.
Karena selain memahami trend itu sendiri, brand juga harus memahami perilaku konsumen yang dihasilkan oleh perubahan trend.
Lalu bagaimana di tahun 2023? Apakah semua trend berganti? Tidak! Memang ada trend baru namun adapula trend dari tahun sebelumnya yang masih relevan.
So, inilah trend marketing yang wajib kamu perhatikan di tahun 2023.
1. Influencer Marketing
Beberapa tahun terakhir berbagai brand semakin gencar melakukan promosi dengan menggunakan influencer marketing karena dianggap lebih efektif dan lebih niche.
Menurut influencermarketinghub, Influencer adalah mereka yang dapat mempengaruhi keputusan orang lain. Sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima sesuai dengan target marketnya.
Bertumbuh dan lahirnya brand baru, semakin terbuka peluang terjadinya kerjasama antara brand dan para influencer.
Maka di tahun 2023 ini influencer marketing akan tetap menjadi salah satu trend marketing yang wajib kamu pertimbangkan.
2. Konten Video
Jessica Lewis on Pexels |
Menurut data dari Brid.tv, konsumen lebih banyak berinteraksi dengan konten video daripada foto.
Selain itu, konten video marketing dapat meningkatkan trust terhadap brand serta membuat brand lebih mudah menyampaikan pesan dan lebih diperhatikan oleh konsumen.
Apalagi 2 raksasa teknologi, META melalui Instagram dan Tiktok, berlomba-lomba untuk menjadi platform video-based terbaik dengan berbagai fitur yang dibuatnya dan memberikan pengalaman terbaik bagi brand dan konsumen.
Sebagai seorang marketer, akan lebih baik jika kita mengikuti arus atau "riding the wave" dengan mulai membuat konten video sesuai dengan demografi konsumennya.
3. Socially Responsibility
Tidak hanya berpengaruh terhadap brand image, socially responsibility ternyata punya dampak lain terhadap brand.
1. Interaksi yang lebih baik dengan konsumen
Selain kegiatannya, mengutip dari Forbes, konsumen mulai dari Baby Boomers sampai Gen Z bersedia mengeluarkan ekstra budget lebih dari 10% untuk sustainable product.
2. Meningkatnya loyalitas konsumen
Konsumen loyal adalah salah satu pilar brand agar terus berkembang.
Apa yang membuat konsumen loyal? Banyak faktor. Salah satunya socially responsibility ini.
Bisnis yang menjalankan socially responsibility mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen.
3. Customer Loyalty
Menyambung pada poin sebelumnya, konsumen loyal adalah salah satu pilar keberlangsungan brand.
Cara agar konsumen loyal adalah dengan membuat program-program after sales yang baik agar brand bisa terus berinteraksi dengan konsumen.
Hal yang harus kamu ketahui tentang konsumen loyal:
a. Konusumen loyal menghabiskan lebih banyak budget dari pada konsumen baru.
b. Meningkatkan profit Bisnis.
c. Lebih murah untuk maintain konsumen daripada akuisisi konsumen baru
4. Instant Gratification
Gratifikasi yang akan dibahas berbeda dengan apa yang biasa didengar atau dibaca pada berita politik.
Pengertian lainnya, gratifikasi adalah perasaan senang karena mencapai goals atau karena bisa memeuhi keinginan.
Instant gratification mengacu pada keinginan memenuhi kebutuhan dengan cepatk dan tanpa harus menunggu waktu yang lama.
Jadi, perusahaan atau brand harus fokus memberikan apa yang diinginkan konsumen dengan cepat agar bisa memenuhi instant gratification konsumen.
5. Artificial Intelligence
Artificial Intelligence adalah metode ilmu komputer yang membuat komputer mampu menganalisa dan meniru bagaimana manusia berkomunikasi dan berprerilaku.
Saat ini, artificial intelligence dan machine learning "mengkudeta" manusia. Banyak perusahaan dan brand menggunakannya untuk menghemat waktu dan SDM.
Lalu bagaimana perannya dalam digital marketing?
1. Mengenali audience lebih baik
AI bisa menganalisa journey pembelian konsumen dari data yang kamu miliki. Lebih dari itu AI bisa memprediksi action apa yang akan dilakukan oleh konsumenmu ke depannya berdasar data tersebut.
2. Meningkatkan ROI
Dengan bantuan artificial intelligence, brand terbantu dalam membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan campaign yang berjalan.
Sudah membaca semuanya? Segera pertimbangkan trend marketing mana yang akan kamu gunakan di 2023 ini untuk hasil yang lebih baik.
Posting Komentar