www.smallbizdaily.com |
Table of Content:
1. Apa itu Social Media Strategy?.
2. Kenapa Social Media Strategy itu penting?.
3. Persiapan penting sebelum menjalankan Social Media Strategy.
Sebagai seorang owner bisnis, Social Media Strategiest, atau Digital Marketing pasti tahu pentingnya Social Media Strategy ini dan bisa dipastikan juga akan mencari shortcut atau best practicenya.
TAPI, tahukah kamu ada 2 poin penting yang WAJIB kamu tahu sebelum terjun dan mengeksekusi Social Media Strategy? Izinkan saya untuk memberi tahu sedikit. Oh, ya. Sebelumnya akan saya jelaskan juga kenapa Social media Strategy itu penting?
Apa itu Social Media Strategy?
Social Media Strategy adalah ringkasan dari semua yang kamu rencanakan untuk dilakukan dan ingin dicapai di media sosial.
Semakin detail dan lengkap perencanaannya, semakin efektif dalam pelaksanaan atau mengeksekusi strateginya.
Kenapa Social Media Strategy itu penting?
1. Membantu perluas jangkauan dari chanel marketing lainnya.
2. Membantu membangun brand awareness.
3. Membantu "menarik" calon konsumen.
4. Salah satu cara yang powerful untuk bisa terhubung dengan konsumen.
Brand bisa menyampaikan konten atau message secara langsung baik kepada konsumen maupun calon konsumen.
9 dari 10 orang berinteraksi dengan brand yang mereka follow di social media.
40% konsumen ingin brand merespon mereka di social media dalam waktu 1 jam pertama sejak berinteraksi.
Sampai di sini sudah paham dan tahu kan betapa pentingnya Social Media Strategy bagi brand?
Persiapan Penting Social Media Strategy
Sebelum kamu menjalankan strategi untuk social media, ada salah dua poin yang WAJIB kamu penuhi dulu.
1. Buyer Persona
Buyer Persona adalah karakter atau perilaku yang merepresentasikan konsumen ideal brandmu. Tentu ini berdasarkan research, data pelanggan yang sudah ada dan juga beberapa asumi.
Singkatnya, Buyer Persona ini menentukan "siapa sih konsumen ideal bisnis" kamu. Buyer Persona memahami konsumen yang ingin dijangkau serta memberi tahu mulai dari platform apa yang cocok untuk membuat dan membagikan konten dari brandmu.
2. Objektif dan Goals
Ada baiknya kamu menentukan objektif dan goals yang ingin dicapai dengan dibuatnya Social Media Strategy.
Karena ini akan mempermudah kamu dalam pelaksanaan Social Media Marketing. Seperti konten apa yang harus dibuat, dan kapan konten tersebut digunakan.
Singkatnya, kamu tahu apa yang harus dibuat dan apa yang harus dicapai.
Kamu bisa gunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Timely).
Specific (Spesifik/Detail) = Buat target secara detail, jelas dan mudah dipaparkan.
Measurable (Terukur) = Target yang kamu buat harus mudah terukur agar kamu bisa menilai sendiri sudah seberapa jauh atau seberapa dekat targetmu untuk tercapai.
Achievable (Dapat dicapai) = Buat targetmu masuk akal, realistis dan dapat dicapai.
Relevant (Sesuai) = Buat target sesuai dengan recana bisnis dan memang penting untuk bisnismu.
Timely (Tepat waktu) = Tentukan batas waktu dalam pembuatan target. Bila tidak dibatasi dengan baik, maka tidak akan ada rasa urgensi dan juga motivasi dalam mencapai tujuan.
Seperti itulah pembahasan singkat dari Social Media Strategy dari saya. Banyak cara untuk pembuatan strategi Social Media bila kamu googling.
Contoh:
Kenaikan traffic ke website meningkat 50% di bulan mendatang.
Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memetakan atau breakdown dari setiap strategi yang dibuat karena itu merupakan sebuah langkah awal yang tepat untuk mencapai target atau goals.
Yuk segera buat buyer persona dari bisnismu dan buatlah goals dengan objektif yang jelas.
Posting Komentar