Metode atau strategi dalam marketing sangat banyak variannya, jadi bukan hanya satu, dua, bahkan 10. Salah satunya adalah Paid Media Strategy.
Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia marketing pasti pernah mendengarnya dan tahu secara umum bahwa Paid Media, ya, metode dimana kita melakukan promosi berbayar.
Di sini saya akan mejelaskan sedikit lebih rinci mengenai apa itu Paid Media. Here we go.
Apa itu Paid Media?
Paid Media adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mempromosikan konten dari sebuah bisnis atau brand secara online/offline dan berbayar. Pada kesempatan ini, saya akan membahas online saja.
Konten online yang dimaksud adalah display ads, search ads, dan sponsored content.
Tujuan Paid Media antara lain untuk memperluas jangkauan audience yang sebelumnya tidak terjangkau atau belum pernah mendengar bisnis tersebut karena hanya memanfaatkan organik traffic.
Selain itu Paid Media juga meningkatkan brand visibility, dan tentunya mendatangkan traffic ke website baik itu untuk sekedar mencari info atau melakukan transaksi.
Organik atau Paid Media?
Dalam mengenalkan bisnis atau brand, seorang owner dan atau seorang marketer yang bertugas mendatangkan dan mengenalkan bisnis atau brand ke calon konsumen bisa dengan beberapa cara.
Bisa dengan memanfaatkan traffic organik atau dengan paid media. Lalu apa perbedaannya? Secara umum, terdapat 3 tipe media:
1. Earned Media
Earned Media adalah metode dimana sesorang, sebuah komunitas, atau loyal customer yang secara tidak sadar mempromosikan bisnismu secara gratis dengan cara word-of-mouth seperti melakukan repost, review bisnis, atau memberikan testimoni.
2. Owned Media
Dengan memanfaatkan resources yang dimiliki sebuah bisnis untuk memperkenalkan atau mendatangkan traffic seperti blog, website, social media, dan atau aplikasi. Sama seperti Earned Media, Owned Media termasuk ke dalam metode organic traffic.
3. Paid Media
Seperti yang sedang kita bahas saat ini, paid media adalah mempromosikan konten dari bisnis atau brand secara berbayar. So, kamu harus menyiapkan budget khusus untuk melakukan metode ini.
Baik itu organik maupun berbayar, kita harus sama-sama memanfaatkan dan memaksimalkannya agar bisa memberikan hasil yang baik atau mencapai goal yang sudan ditentukan.
Bagaimana Memaksimalkan Paid Media?
Untuk memaksimalkan Paid Media agar memberikan hasil yang baik untuk bisnis, kamu bisa combine 3 steps berikut:
1. Media Planning
Tahap Media Planning adalah proses identifikasi, research, dan menentukan media apa yang akan digunakan termasuk audience mana yang akan mendapatkan konten promosi bisnis.
Selain itu, pada tahap ini kamu akan menentukan juga goals dari campaign yang akan kamu jalankan.
2. Media Buying
Tahap berikutnya adalah Media Buying dimana kamu melakukan pembayaran untuk beriklan baik itu online ataupun offline.
3. Media Optimization
Terakhir, pada tahap ini kamu melakukan tracking performa dari campaign yang sedang berjalan. Apakah campaign berjalan dengan baik atau tidak.
Goals dari media optimization diantaranya memperbaiki campaign agar bisa meningkatkan Return on Investment dengan pengeluaran yang lebih sedikit (Increase ROI, decrease spend).
Sumber:
Posting Komentar