Pexels/Markus Spiske


Isi konten:

1. Apa itu CPAS

2. Manfaat CPAS

3. List Marketplace untuk CPAS


 Dengan berkembangnya teknologi dan bertumbuhnya UMKM, semakin ketat pula kompetisi brand.

 Berbagai strategi dijalankan baik untuk mempertahankan pelanggan ataupun untuk mendapatkan pelanggan baru.

 Ads/ Advertising/ iklan saat ini menjadi salah satu strategi marketing yang powerful dan banyak digunakan berbagai bisnis untuk tujuan mempertahankan pelanggan ataupun untuk mendapatkan pelanggan baru.

 Dan untuk mendukung itu, Facebook atau META menyediakan fitur bernama CPAS atau Collaborative Performance Advertising Solution untuk memperluas jangkauan iklan produk.

 Artikel kali ini akan membahas apa itu CPAS Facebook dan manfaat CPAS Facebook sehingga tidak akan terlalu membahasnya secara detail.


Apa itu CPAS Facebook?

 CPAS adalah fitur yang disediakan Facebook atau META untuk memperluas jangkauan iklan dan meningkatkan penjualan produk di Marketplace.

 Sesuai namanya, CPAS atau Collaborative Performance Advertising Solution betul-betul menjadi solusi dan sangat menguntungkan.

 Dengan CPAS Facebook, brand atau seller dapat menargetkan iklan produknya ke audience di Facebook yang sebelumnya sudah tertarik dengan produk atau toko seller di Marketplace.

 Iklan CPAS akan otomatis mengarahkan audience ke detail produk di Marketplace tanpa harus mengisi manual link produk.


Manfaat CPAS Facebook

 Banyak manfaat atau keuntungan CPAS Facebook bagi seller retail maupun brand, beberapa manfaat yang sangat penting antara lain:

1. Menjangkau audience yang lebih luas.

 Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur CPAS Facebook ini hasil kolaborasi antara Facebook/META dengan Marketplace.

 Dengan CPAS Facebook, Kita dapat menjangkau audience yang lebih luas karena kita dapat mentarget audience yang pernah berinteraksi atau pernah melakukan pembelian di toko kita di Marketplace.

 Kita juga bisa menyebutnya sebagai audience remarketing atau retargeting.


2. Sasaran audience lebih tepat.

 Melanjutkan poin ke-1, selain menjangkau audience yang lebih luas, dengan CPAS Facebook Kita dapat mentargetkan audience yang pernah berinteraksi atau pernah melakukan pembelian di toko kita di Marketplace, berarti iklan kita dapat menyasar audience yang tepat.


3. Tracking konversi

 Di iklan CPAS Facebook, kita dapat memilih langsung produk yang sudah terpasang di Marketplace dan secara otomatis akan mengarahkan audience ke detail produk di Marketplace.

 Dengan begitu, kita dapat melihat hasil dari iklan CPAS Facebook pada dashboard ads manager dengan tepat.

 Karena apabila kita membuat iklan produk tanpa menggunakan CPAS Facebook dan secara manual menambahkan link produk pada Marketplace, hanya sedikit indikator yang dapat digunakan untuk menampilkan hasil kinerja iklan produk tersbeut.


List Marketplace untuk CPAS

 CPAS merupakan fitur yang dibuat oleh Facebook atau META yang bekerja sama dengan marketplace, tidak hanya di Indonesia tapi juga berbagai marketplace di Dunia.

 Untuk di Indonesia sendiri, ada beberapa Marketplace yang sudah bisa menggunakan CPAS Facebook diantaranya:

 1. CPAS Shopee

 2. CPAS Tokopedia

 3. CPAS Bukalapak

 4. CPAS Blibli

 5. CPAS Lazada

 Dan masih banyak lagi yang bisa Kamu cek di retailer directory Facebook https://business.facebook.com/collaborative_ads/retailer_directory

Post a Comment