Isi Konten:
1. Apa itu Email Marketing?.
2. Apa itu Open Rate Email?.
3. Trik Jitu Meningkatkan Open Rate.
Email marketing merupakan salah satu strategi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa.
Simpelnya, perusahaan menggunakan email sebagai alat pemasaran. Ketika Kamu ingin mengembangkan perusahaan, masukkan email marketing ke dalam to-do listmu.
Artikel kali ini Watsapyo membahas 1 trik jita untuk meningkatkan open rate email marketing berdasarkan pengalaman.
Apa Itu Email Marketing
Menurut
optinmonster,
Email Marketing adalah jenis
direct marketing menggunakan yang
email yang dipersonalisasi untuk mengedukasi pelanggan tentang produk atau layanan yang Kamu miliki.
Email Marketing membantumu membangun hubungan dengan pelanggan atau konsumen jangka panjang. Dengan Email Marketing Kamu bisa mengarahkan pelanggan ke sosial media, youtube atau platform lain yang ingin dikunjungi.
Sekarang Kamu sudah tahu pengertian email marketing.
Apa Itu Open Rate
Open rate merupakan salah satu glossary yang harus Kamu ketahui.
Open Rate adalah jumlah email yang dibuka dari total keseluruhan email yang Kamu kirim.
Misalnya Kamu mengirim email ke 1000 pelanggan. Lalu, hanya 100 orang yang membuka atau membaca emailmu.
Itu berarti open rate dari email tersebut adalah 10%.
Trik Jitu Meningkatkan Open Rate
Kamu pasti sudah membaca ratusan artikel yang membahas bagaimana cara meningkatkan open rate dan bisa saya pastikan artikel tersebut akan menyebutkan list di bawah ini
1. Pemilhan waktu yang tepat.
2. Isi email yang soft selling.
3. Personal. Menyapa dengan nama pelanggan.
4. Gunakan emoji.
5. Update list email.
6. Subjek email tidak terlalu.
Dan masih banyak lagi.
Apakah tips di atas salah? TIDAK SAMA SEKALI!
Tips meningkatkan open rate di atas terbukti work dan disarankan banyak marketers lain baik di Indonesia ataupun dari luar negeri.
Namun ada 1 hal yang terlewatkan yaitu gabungkan email marketing dengan sosial media. "Maksudnya?".
Gabungkan Email Marketing Dengan Sosial Media
1 tips ini mungkin tidak banyak yang mempraktekkan atau bahkan tidak terfikirkan sebelumnya.
Tips ini direkomendasikan untuk Kamu yang masih memiliki sedikit list email dan untuk Kamu yang baru memulai email marketing.
Sebagus apapun headline subjek yang digunakan, akan percuma jika pelanggan yang Kamu kirimi email tidak tahu.
Jadi, menggabungkan email marketing dengan sosial media adalah tips yang tepat.
Cara simpelnya: Setelah Kamu mengirim sebuah email, bari tahu konsumenmu di sosial media misalnya instagram story bahwa Kamu mengirimkan sebuah email "terbatas".
Untuk penggunaan pertama tips ini, sebisa mungkin berikan email yang bermanfaat misalnya promo khusus 50%.
Kenapa? Ini dilakukan untuk membiasakan pelangganmu membuka email.
Terlebih lagi, sangat kecil persentase email yang Kamu kirim masuk ke kotak masuk utama. Jadi emailmu hanya masuk ke kotak masuk promosi yang mana akan bertarung dengan perusahaan lain yang juga ingin emailnya dibuka.
Edukasi
Tips di atas akan lebih work jika Kamu mengedukasi pelanggan dan lakukan dengan konsisten.
Apa yang harus Kamu edukasi?
Beri tahu pelangganmu bahwa Kamu akan selalu mengirim informasi seputara produk baru, promo dan info terbaru melalui email.
Kamu bisa gunakan gimmick "menjadi yang pertama tahu" agar pelanggan tertarik untuk selalu mengecek email.
Yuk, mulai edukasi dan eksekusi tips ini dan lakukan secara konsisten!
Posting Komentar